9 dari 10 Kata Bahasa Indonesia adalah Asing-Alif Danya Munsyi


9 dari 10 Kata Bahasa Indonesia adalah Asing
Alif Danya Munsyi
KPG

163 halaman


"Dari perangai yahudi rentenir itu, turun dalam bahasa Indonesia, dari kata bahasa Betawi, Judes, untuk arti perangai seseorang yang culas, licik, curang, dengki, jahat tidak jujur"


Sebenarnya buku ini bukanlah jenis buku yang akan saya beli ketika melihatnya di sebuah toko buku. Karena itu kalau saya membacanya bukan karena telah membelinya tetapi karena seseorang telah memberikannya sebagai kado.

Dari judulnya mungkin kita sudah bisa menebak kalau kumpulan tulisan di buku ini berisi asal usul kosakata indonesia, yang awal saya bayangkan pastilah sangat njelimet. Tetapi setelah saya baca, ternyata sangat menghibur, pembahasannya sangat khas, segar, istimewa dan bahkan lucu.Misalnya kata judes ternyata berasal dari bahasa Ibrani "judas", atau kue odading dari bandung pun tak disangka-sangka berasal dari bahasa belanda "O, dat ding?", juga dari buku ini akan kita ketahui hubungan antara kata "bangkrut" dangan bangku yang rusak.

Ditulis oleh Alif Danya Munsyi atau lebih kita kenal dengan Remy Sylado dengan nama aslinya Yapi Tambayong, pembahasan asal muasal kosakata indonesia ini menjadi sangat tidak membosankan untuk saya, dan selanjutnya membuat saya menjadi lebih tertarik untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang kosakata indonesia, apalagi jika buku itu ditulis oleh seniman multidimensi ini.

Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com

0 comments:

the other bookstorian nita# kupunyabuku# chihiro's box# kw# mitora in reviews# alpha# ferina# iboekoe# klub sastra bentang# kobo# h_tanzil# bacaan-ally# evolia# mimimama# pohon kata kata# nita# Bookstores buku kita# kutu buku# kios buku# ini buku# buku bekas#